Kota toea, kota lama

Wajah Kota Lama Semarang Terbaru, Inilah Kantong Parkirnya

SEMARANG —¬† Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kota LamaSemarang atau pernah berlibur di Landmar Belanda ini jangan bingung mencari tempat parkir.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang telah menyiapkan sejumlah kantung parkir di Kawasan Kota Lama Semarang bagi pengunjung yang membawa kendaraan.

Terdapat tiga kantong parkir untuk mobil dan sepeda motor yang sudah disediakan:

  1. Depan Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Semarang
  2. Jalan Letjen Suprapto No 45 (daerah Taman Kota Lama)
  3. Galeri Dream Museum Zone (DMZ) Jalan Branjangan No 3-9 dan Jalan Sendowo.

Sejumlah ruas jalan di Kawasan Kota Lama juga telah dipasangi rambu-rambu larangan parkir.

Terkait bus wisata, telah disediakan  parkir di garasi BRT Trans Semarang di Jalan Mpu Tantular.

Selain itu, terdapat juga parkir untuk mobil golf atau shuttle yang akan mengantarkan pengunjung ke Kota Lama.

Jalan Letjen Suprapto  masih bisa di lewati oleh kendaraan dengan catatan kendaraan tidak melebihi JBB (Jumlah Berat Bruto), yakni 8000 kilogram.

Kecuali Bus Wisata (Sikenang dan SiDenok) dan BRT Trans Semarang (medium bus) yang dimiliki Pemerintah Kota semarang

Landmark Kota Semarang satu di antaranya wisata Semarang

Hingga saat ini beberapa ruas jalan di area Kota Lama masih dalam tahap pembenahan.

Hal tersebut tak membuat para pengunjung sepi, justru tampak semakin ramai sore hari.

Bangunan-bangunan di area ini berarsitektur kolonial, berhias seni Eropa bahkan ada yang melebur dengan seni Indonesia.

Di Kota Lama, ada berbagai objek untuk disinggahi.

Pasar Klithikan, Taman Srigunting, Kawasan Gereja Blenduk, area Jalan di 3D Old City, dan kawasan area Gedeng Eks Monod.

Wisata Kota Lama Semarang

Objek wisata kota lama Semarang adalah sebuah kawasan yang sering disebut oleh orang sekitar dengan sebutan Outstadt dipenuhi oleh gedung-gedung mewah dijadikan kantor Belanda.

Sampai sekarang di Outstadt Semarang ini ada ada satu gedung masih terawat dengan baik yaitu gedung Asuransi Jiwasraya. Sedangkan kawasan permukiman warga, di kota lama terdapat pusat peribadatan seperti Gereja Blenduk dan juga Gereja Gendangan.

Tidak hanya itu terdapat juga ruangan mewah terbuka Taman Srigunting dan gedung Marabunta yang pada jaman dulu dijadikan oleh warga sekita kota lama di Semarang sebagai gedung pertunjukan.

Secara umum, hampir seluruh karakter bangunan yang ada di kawasan kota tua memiliki gaya Eropa elit di jaman itu, seperti di tandai dengan besarnya ukuran pintu pintu dan jendela setiap gedung, penggunaan kaca patri, bentuk atap yang terlihat unik, hingga konon terdapat ruangan rahasia di bawah tanah.

Ada sebutan lain dari kawasan wisata kota lama yang menjadi sebuah julukan khas di dalamnya, yaitu Little Netherland. Sebutan itu didapat lantaran sekeliling kota lama Jawa Tengah terdapat bangunan khas Eropa.

Setelah negara Indonesia merdeka, kawasan elit Little Netherland berlahan mulai ramai ditinggalkan oleh penduduk Belanda. Saat ini tersisa di bangunan mewah kota lama hanyalah bangunan bangunan mewah bersejarah, namun sayangnya bangunan tersebut tidak terawat dengan baik.

Di kawasan wisata kota lama Jawa Tengah, terdapat beberapa galeri seni dan koleksi barang kuno apik.

Diantaranya adalah Galeri Semarang atau sering di sebut dengan Semarang Contemporary Art Gallery yang berdiri di tahun 2008.
Ruang pameran menggunakan gedung bekas kantor sebuah perusahaan asuransi Indische Llyod, konon usianya nyaris satu abad.
Di dalam galeri, dapat melihat koleksi lukisan, patung dan benda seni lain nya. Selain di galeri Semarang anda pun dapat melihat lihat galeri seni yang berada di lantai dua Spiegel Bar & Resto.

Rute Kota Lama

Letak umum atau geografis dari kota tua Semarang yaitu pada bersebelahan dengan stasiun Tawang dan pasar Johor. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum, seperti data wisata berikan rute nya :

A. Kendaraan Pribadi

Misal anda datang dari arah Demak, maka kamu bisa lewat kawasan terminal Terboyo, menyusuri jalan Jendral Raden Patah, kemudian masuk ke kawasan wisata kota lama.

Datang dari arah Ungaran, menyusuri rute Banyumanik, Peterongan, di lanjutkan ke Jalan MT Haryono, Bunderan Mbubakan, Jalan Cendrawasi dan sampai lah di kota lama.

Misal Anda datang dari arah Barat anda dapat melalui rute bunderan Kali Banteng, bunderan Tugu Muda, Lawang Sewu, Jalan Pemuda, Pasah Johar, kota tua Semarang.

B. Kendaraan Umum

Bila anda tidak membawa kendaraan pribadi anda pun tidak perlu khawatir, lantaran ada beberapa rute yang mudah agar sampai di kota tua Semarang.

Menggunakan kendaraan angkot, sebaiknya pilihlah angkot dengan jurusan atau melayani rute ke pasar Johar dan kota Lama.

Kendaraan umum kereta api, anda bisa turun di stasiun Tawang. Dimana polder tawang tersebut merupakan salah satu ikon dari kota lama Semarang, letak nya tepat di depan pintu masuk stasiun dan anda pun bisa mengakses kota lama dengan hanya berjalan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *