Breaking News
Home / Historia / Pasukan Khusus Tentara Belanda Seusai Serang Jogyakarta

Pasukan Khusus Tentara Belanda Seusai Serang Jogyakarta

Facebook/Hendi Jo

Facebook/Hendi Jo

KOTATOEA.COM — Paskaserangan Belanda ke Yogyakarta, para prajurit Belanda yang tergabung dalam DST (Depot Speciaale Troepen atau sejenis Kopassus-nya Belanda) tengah berpesta usai menguasai Jogjakarta dari tangan pasukan TNI pada 19 Desember 1948.

Mereka yang diterbangkan sejak dini hari dari Lanud Andir Bandung, diterjunkan dengan parasut dan secara cepat menguasai ibu kota RI tersebut serta menawan para pemimpinnya termasuk Sukarno-Hatta.

TNI sendiri tak pernah menyangka Belanda akan menyerang pada hari itu, Ketika melihat beberapa pesawat Mustang melayang di udara Jogja, alih-alih menembakan meriam penangkis serangan udara, sebagian dari mereka malah melambai-lambaikan tangan karena mengira pesawat-pesawat tersebut milik AURI (memang pada hari itu ada pengumuman latihan gabungan dari semua matra di tubuh TNI).

Begitu rentetan senjata membahana barulah mereka sadar Belanda menyerang dan mereka tak memiliki kesiapan untuk membalasnya, kecuali sekelompok pasukan tentara dari KRIS (Kebaktian Rakjat Indonesia Sulawesi) yang secara berani sempat melakukan penghadangan dan penggangguan terhadap pasukan Kolonel Van Langen sebelum masuk ke Istana via Jalan Solo.

Tapi Van Langen sebagai Sinyo kelahiran Yogya yang lulusan Akademi Breda, cukup tahu bagaimana caranya menjepit pasukan bandel ini. dia memecah pasukannya, salah satunya yang menerobos brikade TNI via Kantor Pos.

Pasukan inilah yang pada akhirnya berhasil menduduki Istana/Gedung Agung dengan lebih cepat dan menawan Soekarno-Hatta cs. Konon, saat penerobosan dan penyerangan ke Istana itu, Van Langen sendiri yang memimpin pasukan tersebut langsung dari jeep wilys-nya. (hendijo)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*